oleh

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Selenggarakan Orientasi Saka Bakti Husada

Bandar Lampung(Lintasmedia.Id) — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada, Daerah Lampung Kak. Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes mengajak Anggota Gerakan Pramuka khususnya Saka Bakti Husada untuk lebih peduli dan memiliki jiwa kepeloporan dalam memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) ketengah-tengah masyarakat. Hal itu disampaikannya pada acara Penutupan Orientasi Saka Bakti Husada dalam Peningkatan Germas dan keluarga Sehat, di Bandarlampung, jum,at (26/10/2018)

Dihadapan 60 orang peserta Orientasi lebih lanjut Dr.dr. Hj. Reihana, M.Kes mengungkapkan bahwa saat ini kita sedang mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya angka kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) sehingga peran Pramuka Saka Bakti Husada sangat dibutuhkan dalam membantu memasyarakatkan GERMAS. “Saat ini kita melihat bergesernya penyebab kematian dan kesakitan dari penyakit infeksi menjadi penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker diabetes sebagai penyebab terbesar dari kematian dan kecacatan” tuturnya.

“Tingginya kesakitan akibat penyakit tidak menular disebabkan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif, merokok, alkohol”. “Kecendrungan juga terjadi dalam hal kebiasaan makan makanan olahan siap saji, tinggi gula, garam dan lemak, yang menyebabkan rendahnya konsumsi buah dan sayur yang berakibat pada gangguan pencernaan dan obesitas” lanjutnya.

Ketua Penyelenggara kegiatan Orientasi SBH, dr. Asih Hendrastuti, M.Kes dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari dengan mengundang unsur Pamong Saka, Pengurus Kwartir Ranting serta Anggota Saka Bakti Husada sebanyak 60 orang, yang terbagi dalam kelas Pramuka penegak/pandega dan kelas Pamong Saka/Pengurus Kwartir Ranting.

Adapun materi yang disampaikan selama kegiatan berlangsung adalah Kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan GERMAS dan Keluarga Sehat serta materi berkenaan dengan Krida-krida yang ada dalam Satuan Karya Bakti Husada, Pungkas Asih Hendrastuti. (Rudhy.Hr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

66 + = 71

News Feed