oleh

Dinas Permustakaan Dan Kearsifan Lambar Hadiri Kongres Ke XIV IPI


Lampung Barat (Lintasmedia.Id) – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat mengutus dua orang pegawainya pada perhelatan Kongres XIV Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Seminar Ilmiah Indonesia.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Bumi Surabaya Propinsi Jawa Timur 9 – 12 Oktober 2018. Dua orang peserta tersebut adalah Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat,

Drs. Sandarsyah dan Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan,Nurhadi Sarwo Susilo, SH. Kegiatan yang dihadiri oleh President- Elect International Federation of Library Associations andInstuitution (IFLA) Christine MacKenzie, Ketua Umum Pengurus Pusat IPI Drs. Dedi Junaedi M.Si dan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando.

Kongres ke XIV dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, SH M.Hum. Ikatan Pustakawan Indonesia merupakan forum pertemuan antara Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia, Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi, Pengurus Cabang Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, serta Kepala OPD Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Kabupaten/Kota. ” Terang Sandarsyah ”

Tema Kongres XIV Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Seminar Ilmiah Tahun 2018 kali ini adalah “Transformasi Pustakawan Dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

”Ada beberapa materi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut diantaranya dari President IFLA (TrasformingThe Library, Transforming The Society), Kementerian Pendaya gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Inpassing Jabatan Fungsional Pustakawan dan Formasi JFP), dan Kementerian PPN/Bappenas RI (Kebijakan Program Pembangunan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Lalu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Implementasi Pembangunan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial), Walikota Surabaya Dr. (HC) Ir. Tri Rismaharini, MT (Surabaya Smart Library), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI (Open Journal System), serta Indonesia One Search (IOS) (Peran Indonesia One Search Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Materi yang lain adalah tiga materi terpilih dari Call for Papers yang merupakan hasil karya Juara I,II, dan III Pustakawan Berprestasi 2018. ada beberapa point penting hasil Kongres ke XIV Ikatan Pustakawan Indonesia dan Seminar Ilmiah Indonesia yang berkenaan dengan perpustakaan yaitu Pengembangan koleksi bahan perustakaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Penigkatan pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat, dan Peningkatan kualitas dan kwantitas tenaga perpustakaan di daerah.” Papar Sandarsyah ”

Lalu, Penguatan infrastruktur pendukung layanan perpustakaan. Pemasyarakatan gemar membaca, Fasilitasi penggiat literasi dan perpustakaan dalam
meningkatkan kegemaran membaca, dan Karya cetak, karya rekam dan elektronik daerah yang dihimpun, diakusisi, serta di lestarikan.

Selanjutnya, Melaksanakan pengembangan organisasi kepustakawanan, Penguatan kelembagaan perpustakaan, Penyelenggaraan layanan ekstensi, Melakukan kajian minat dan budaya baca, serta Penyelenggaraan promosi gemar membaca melalui media cetak dan elektronik.

Terakhir, Penyelenggaraan pameran perpustakaan dan gemar membaca, Memberikan penghargaan perpustakaan/gerakan pembudayaan gemar membaca, serta Melakukan pemantauan, evaluasi dan pelaporan, Terpilih dalam Kongres XIV kali ini Ketua Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) adalah T. Syamsul Bahri, SH M.Si. Dia menggantikan Ketua Pengurus Pusat IPI periode 2015-2018 dan akan menakhodai organisasi ini hingga tahun 2021. Rudhy.HR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 36 = 43

News Feed