oleh

Masyarakat 3 Desa Di Mesuji Bentuk Kelompok Peduli Kesehatan

Bandar Lampung (Lintasmedia.Id) — Pertemuan Kelompok Peduli Kesehatan Desa Bangun Mulyo Optimis. Itulah yang terpancar dari raut wajah masyarakat di 3 desa di Wilayah Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji. Bagaimana tidak mereka telah bersepakat untuk mewujudkan Desa Sehat pada masing-masing desa mereka.

Kesepakatan tersebut dilakukan pada pertemuan Kelompok Peduli Kesehatan yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Masing-masing desa tersebut yaitu Desa Bangun Mulyo, Desa Mulyo Agung dan Desa Aji Jaya.

Pertemuan Kelompok Peduli Kesehatan Desa Mulyo Agung Menurut Anton, SKM, Kasie Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji kegiatan ini sebagai upaya mendorong keterlibatan masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan program Pembangunan Kesehatan di wilayahnya. “Kita menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli tentang permasalahan kesehatan” tutur Anton.

Selanjutnya juga Anton mengemukakan bahwa keberadaan Kelompok Peduli Kesehatan diharapkan dapat menjadi wadah koordinasi antar warga untuk mengatasi persoalan kesehatan di Wilayah mereka. Dikemukakan juga wadah ini diharapkan dapat lebih mendorong kepedulian masyarakat terhadap kesehatan termasuk didalamnya bagaimana masyarakat dapat mengarahkan Dana Desa untuk program-program kesehatan yang sangat dibutuhkan.

Pertemuan Kelompok Peduli Kesehatan di Desa Aji Jaya “Selama ini memang sudah ada alokasi dana desa untuk program kesehatan, akan tetapi melalui terbentuknya Kelompok Peduli Kesehatan ini, kita berharap hal ini lebih ditingkatkan lagi dengan adanya wakil-wakil masyarakat Peduli Kesehatan, sehingga dapat berbicara lebih jelas dan menyakinkan di Musrenbang Desa. Ujar salah seorang Tokoh Masyarakat Desa yang ikut pada pertemuan tersebut.

Agus Setiadi, salah seorang fasilitator kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa di tingkat kecamatan. “Ini kegiatan percontohan, kita berharap Kelompok Peduli Kesehatan yang telah terbentuk dapat segera melaksanakan intervensi kegiatan.

Untuk diketahui bahwa dimasing-masing desa akan menuntaskan permasalah jamban. Masih banyaknya jamban cemplung agar ditargetkan menjadi Jamban Sehat. Harapannya tidak ada lagi Jamban Ceplung yang ada di 3 desa ini nantinya. Apalagi komitmen pemerintah desa setempat untuk segera menuntaskan persoalan jamban cemplung ini.

Anton, SKM berharap Kelompok Peduli Kesehatan ini dapat berjalan dengan baik serta keberadaannya dapat membantu pemerintah desa dalam mengatasi persoalan kesehatan termasuk mencegah serta mengatasi permasalan stunting. “Jika 3 desa ini berhasil dengan baik, sudah barang tentu kita akan mereflikasikannya ke desa-desa yang lain di Kabupaten Mesuji” Pungkas Anton . (Rudhy.Hr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − 59 =

News Feed