oleh

Pemkot Bandar Lampung Terapkan Sistem Basis Data Kependudukan Jaminan Kesehatan

Bandar Lampung(Lintas Media.Id) – Untuk meningkatkan pelayanan kepada warga, Pemerintah Kota Bandarlampung menerapkan sistem basis data kependudukan jaminan kesehatan (Sibadak jasa).

Ditemui usai forum group discussion sistem basis data kependudukan jaminan kesehatan (Sibadak jasa) di Gedung Semergou Senin 3/9/2018, Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung Badri Taman mengatakan, dengan sistem Sibadak jasa, diharapkan masyarakat dapat lebih muda mendapatkan pelayanan di bidang kesehatan.

“Sistem ini sudah menggunakan database di Dinas Kependudukan. Tinggal di klik saja nomor data penduduknya sudah ketahuan,” kata dia.

Sementara Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung Khaidarmasyah menjelaskan, Sibadak jasa merupakan sistem Inovasi yg dibuat oleh Bapeda untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan gratis di Kota Bandar Lampung ditujukan dan diterima oleh masyarakat setempat.

Sibadak jasa terkoneksi dengan Dinas kependudujan dan Catatan Sipil. Datanya telah masuk dalam aplikasi yang sudah ada di Puskesmas jalan, Puskesmas rawat inap, Puskesmas pembantu, dan ada 12 rumah sakit swasta dan pemerintah.

“Kalau dia berobat dengan BPJS, dengan aplikasi untuk BPJS. Jika berobat dengan Jamkeskot, akan dilayani dengan aplikasi Jamkeskot. Sistem ini untuk memastikan pelayanan dan anggaran hanya diberikan untuk masyarakat Kota Bandar Lampung. Bila ada pasien di luar Bandar Lampung tetap akan dilayani tapi harus bayar langsung,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPRD Kota Bandar Lampung Handrie Kurniawan mengatakan, Sibadak jasa merupakan konsekuensi perkembangan zaman.

“Berbasis data dan online jadi akses oleh masyarakat berdasarkan data kependudukan yang terintegrasi di seluruh Kota Bandar Lampung sehingga bisa dikontrol oleh Bappeda, Dinas kesehatan, serta dapat mudah dievaluasi setiap saat,” kata Handrie.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

98 − 97 =

News Feed